Berbagi Informasi Seputar Camera terbaru 2018

iklan banner

Thursday, January 11, 2018

7 Tips Penting Cara Merawat Lensa Kamera Supaya Tetap Awet, No. 4 Kita Sering Lupa!

7 Cara Merawat Lensa Kamera - Kamera digital memang sudah menjadi barang umum bagi kaum muda - mudi sekarang, hampir semua kalangan sudah memiliki yang namanya kamera bahkan anak - anak pun sudah memiliki barang satu ini. Kamera bisa menjadi barang wajib saat kita akan berpergian maupun menangkap momen - momen penting dalam hidup kita barang ini wajib ada dalam sisi kita jika tidak ada rasa - rasanya ada yang kurang.



7 Cara Merawat Lensa Kamera



Nah buat kamu yang memiliki kamera kamu juga perlu tau bagaimana cara merawat kamera terutama bagian lensa karena lensa kamera juga merupakan bagian penting dalam bagian kamera, bukan hanya harus tau cara memakainya saja namun dalam segi perawatan kamu juga harus tau betul bagaimana merawat benda satu ini.

Dengan perawatan dan pengecekan bagian lensa kamu bisa mendeteksi kalau - kalau kamu bertanya kenapa hasil foto saya kok ngeblur? nah mungkin dengan ada perawatan bagian lensa kamera hasil foto bakal menjadi lebih baik karena bagian penting terawat, dan juga bila kita sering - sering melakukan pengecekan dan pembenahan bagian - bagian kamera juga bisa memperpanjang usia pakai loh.

Nah kayaknya tidak usah panjang lebar lagi ya, inilah 7 tips cara merawat lensa kamera supaya tetap awet...



7 Tips Cara Merawat Lensa Kamera




1. Jaga Kebersihan Dan Jangan Malas Bersihkan Body Kamera



Bagi kamu yang ingin lensa kamera kamu tetap awet jangan lupa bagian ini juga termasuk penting dalam kebersihan, untuk perawatannya pun terbilang mudah kamu cukup gunakan kain halus dan kering lalu bersihkan bagian ring zoom dan ring fokus pada lensa kamera. menurut beberapa orang kamu bisa gunakan minyak kayu putih bahan tambahan karena minyak kayu putih memiliki tipe bahan cepat kering dan mengandung sedikit air, dan kayu putih dapat juga mengangkat kotoran yang menempel pada lensa.



2. Pasang Filter




7 Cara Merawat Lensa Kamera
Filter Lensa



Nah bagi kamu yang bekerja di luar ruangan yang kondisinya tidak menentu ataupun pergi ke beberapa tempat yang mana bisa terjadi kondisi yang tidak terduga kamu bisa memasang filter kamera, filter kamera bisa menjaga bagian lensa supaya tidak terkena debu dan juga melindungi dari benturan yang tidak di inginkan.



3. Dry Box




7  Cara Merawat Lensa Kamera
Dry Box



Buat kamu yang memiliki dana lebih bisa membeli dry box supaya kamera serta lensa kamu tetap awet, dry box ini berguna untuk menempatkan benda - benda optik seperti lensa ataupun body kamera yang mana suhu dalam dry box sudah di atur sedemikian rupa agar lensa tidak jamuran dan tetap bisa gunakan.



4. Hindari Sentuhan Langsung




7 Cara Merawat Lensa Kamera
Lensa Kamera



Oke bagian ini cukup penting untuk kamu perhatikan dan biasanya kamu sering lupa akan hal ini yaitu hindari sentuhan langsung jari kamu ke kaca optik ataupun lensa kamera, hal ini bukan tanpa alasan loh sebab seperti yang kita tahu bahwa tangan dan jari kita itu cenderung lembab dan basah apabila kita menyentuh langsung dan meninggalkan noda maka di situ akan tumbuh yang namanya jamur jadi kamu perlu hati - hati dan ingat ya guys.



5. Pasang Caps/Penutup




7 Cara Merawat Lensa Kamera
Caps Kamera



Nah bagian kamera yang ini sering banget kita lupa yaitu penutup lensa atau caps, bagian ini walaupun jarang di perhatikan namun penting banget loh dengan adanya caps kita bisa menghindari debu ataupun benturan benda yang dapat merusak lensa. jadi jangan lupa selalu pasang caps kamera jika kamera tidak dalam penggunaan entha dalam penyimpanan ataupun dalam pemotretan.



6. Bongkar Pasang Dengan Tepat Dan Teliti




Jika kamu melakukan perbaikan pada kamera kamu dan mengharuskan melakukan bongkar pasang maka kamu harus perhatikan hal ini yaitu tepat dan teliti, kamu harus memperhatika di mana titik kunci pada lensa dan body oyaa jangan lupa menekan tombol kunci pada kamera. hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan mounting pada lensa dan kamera.



7. Bersihkan Optik Kamera




Kebersihan memang nomor satu dalam hal perawatan segala hal begitu juga lensa kamera, buat kamu yang ingin kualitas foto kamu tetap terjaga seperti barang baru kamu perlu perhatikan kebersihan optik. kamu bisa gunakan kain halus dan ataupun pembersih khusus kamera yang dapat kamu dapatkan di toko khusus alat kamera.

Perlu kamu ingat jangan sekali - kali gunakan tisu untuk membersihkan lensa optik kamera, karena tisu bukannya membuat lensa menjadi bersih malah akan membuat goresan di bagian kaca, dan juga hal ini sering terjadi yaitu membersihkan lensa menggunakan kaos ini merupakan tindakan salah guys kamu bisa merusak bagian lensa jika menggunakan kaos untuk membersihkan bagian optik kamera.



Nah itulah beberapa info mengenai cara merawat lensa kamera supaya kamera tetap awet dan bisa terus kamu gunakan hingga waktu lama, kalau barang yang kita pakai tahan lama kan kita juga yang senang.

Oke guys mungkin segitu aja bye bye...


EmoticonEmoticon